Home » » tips mengatasi grogi di depan umum

tips mengatasi grogi di depan umum

Written By Mira Aprilia on Monday, 12 August 2013 | 01:30


Hal yang satu ini memang sangat mengganggu dan seringkali membuat kita merasa malu sampai berhari-hari setelahnya. Grogi seringkali datang pada orang yang tidak biasa berbicara di depan umum atau orang yang jarang berbicara di depan orang ramai, misalnya berbicara di depan kawan-kawan sepermainan. Namun grogi juga tidak hanya menyerang orang yang tidak biasa berkomunikasi di depan umum. Grogi juga bisa menyerang seseorang yang sudah terbiasa berbicara kepada khalayak ramai. Biasanya faktor yang menyebabkan seseorang yang biasa berbicara di depan umum mengalami grogi adalah karena ia merasa ada yang kurang pada dirinya.

Efek dari rasa grogi ini bermacam-macam. Ada yang menjadi lupa dengan apa yang ingin dia sampaikan, jika sudah begini akan terlihat sekali seseorang tersebut tampak salah tingkah dan terdiam beberapa saat, kemudian terlihat bingung, pembicaraan yang ia sampaikan pun menjadi tidak terarah. Efek lainnya dari rasa grogi yang cukup memalukan menurut saya ketika kita menjadi salah tingkah, biasanya kita akan menjadi objek terdekat sebagai pelarian. Misalnya pulpen, seseorang yang grogi kadang melakukan hal-hal yang tidak penting untuk mengalihkan, namun karena rasa groginya ia menjadi sulit mengendalikan diri. Terkadang bisa saja ia menjatuhkan objek pelariannya tadi. Atau efek grogi yang lain adalah ketika tiba-tiba saja kita menjadi serak dan batuk-batuk karena tersekat pembicaraan. Lebih dari itu, terkadang seseorang mengeluarkan intonasi suara yang aneh ketika grogi dan di tertawakan oleh audience nya.

Hal-hal seperti ini tentu bisa membuat seseorang trauma untuk berbicara di depan umum. Nah, ini bahaya jika sudah merasa trauma. Rasa grogi ketika berbicara di depan umum, bisa menghambat kita ketika akan mempresentasikan sesuatu. Oleh karena itu, kita perlu mngatasi rasa grogi ini agar kita lebih santai dalam presentasi atau menyampaikan sesuatu di depan umum. Sehingga apa yang akan kita maksud dapat kita sampaikan dengan baik kepada orang lain.

Berikut tipsnya, dikutip dari ide2gue.blogspot.com

1. Persiapan

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebelum kalian presentasi atau berbicara di depan umum. Misalnya dengan presentasi sendiri di kamar. Presentasikan seluruh materi yang akan kalian sampaikan agar ketika kalian presentasi yang sebenarnya pembicaraan menjadi lebih terarah.

2. Tenang

Siapkansegala sesuatu yang dibutuhkan untuk presentasi beberapa saat sebelum kalian presentasi. Sisakan sedikit waktu selanjutnya agar kalian bisa berkonsentrasi pada materi yang akan kalian sampaikan. Sebelum kalian memulai presentasi buat diri kalian setenang mungkin. Jangan memikirkan hal-hal lainnya lagi dan buat diri kalian senyaman mungkin.

3. Percaya Diri

Kalian harus percaya diri ketika akan berbicara atau presentasi di depan umum. Hal ini sangat penting, karena akan mengganggu kalian selama presentasi. Jangan lagi memikirkan bahwa kalian masih kurang rapi, kurang tampan atau kurang cantik dan lain sebagainya. Audience tidak akan memperdulikan penampilan kalian jika kalian mampu menyampaikan sesuatu dengan baik dan menarik. Namun, kalian tetap harus mempersiapkan penampilan terbaik kalian sebelumnya.

4. Ubah Persepsi

Ubahlah persepsi kalian tentang diri kalian sendiri. Terkadang kita seringkali mendoktrin diri sendiri dengan merasa bahwa kita bodoh dan tidak cukup mampu. Hal tersebut harus di buang jauh-jauh. Buat diri kalian yakin bahwa kalian memiliki kemampuan yang cukup. Jangan terlalu parno, walaupun kalian sedang berbicara kepada orang yang lebih tinggi pengetahuannya. Sampaikan saja apapun yang ingin kalian sampaikan. Terkadang kita merasa kurang yakin untuk menyampaikan sesuatu karena takut salah, itu persepsi yang tidak baik.

5. Tersenyum

Jangan lupa untuk tersenyum selama kalian berbicara di depan umum, karena hal itu dapat membantu kalian mengurangi rasa grogi atau gugup selama presentasi dan membuat kalian lebih santai.

6. Gestur Tubuh

Gestur tubuh menjadi penilaian tersendiri ketika kalian berbicara di depan umum. Gestur ini bisa berupa gerakan tangan atau badan, serta berpindah tempat. Menggerakkan badan kalian ketika presentasi dapat membuat kalian jauh lebih nyaman dan dapat membawa kalian menikmati materi yang kalian sampaikan. Gerakan-gerakan ini juga dapat menyalurkan rasa grogi kalian agar cepat hilang.

7. Lupakan Persepsi Orang Lain

Setiap orang akan memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap diri kita. Jangan terlalu perdulikan tentang persepsi orang lain terhadap diri kalian tersebut. Yakinlah dengan kemampuan kalian. Kalian tidak akan pernah bisa mengikuti persepsi orang lain terhadap diri kalian.

8. Positif Thinking

Ketika kalian akan berbicara di depan umum, usahakan agar selalu positif thingking. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Misalnya saja jadwal kalian mundur beberapa menit atau ada kendala tertentu. Tempatkan diri kalian untuk selalu tenang menghadapi apapun yang terjadi yang di luar keinginan kalian. Jika kalian tidak mampu mengusai diri, kalian bisa merusak konsentrasi kalian sendiri.

9. Ambil sedikit Waktu

Ketika kalian akan naik ke Podium atau mengambil tempat untuk presentasi, ambik sedikit waktu ketika kalian berjalan menuju podium. Atur nafas kalian dan buat diri kalian tenang dan se-relax mungkin sebelum sampai podium atau posisi presentasi.

10. Biasakan Diri

Salah satu latihan yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi rasa grogi pada diri kalian adalah dengan membiasakan diri. Jika kalian sedang berkumpul dengan teman-teman, sering-seringlah kalian menjadi si Pembicara bukan hanya Pendengar. Atau biasakan memberi pendapat atau bertanya ketika kalian mengikuti seminar atau pertemuan. Dengan begitu kalian akan terbiasa menyampaikan sesuatu di depan umum.



sumber : tips mengatasi grogi di depan umum

0 comments:

Post a Comment